MAKALAH
TANDA-TANDA ISIM DAN MACAM-MACAMNYA
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Bahasa Arab
Dosen
Pembimbing : Moh.
Ayyub Mustofa, MA.

Disusun
Oleh :
Imam Syafi`i
Faisol Anwar
Fuad Fahmi
Dauli Rasul
Fitria Ali
Kholili
Hakim
SEKOLAH TINGGI
ILMU TARBIYAH
“MIFTAHUL ULUM”
KEDUNGDUNG
MODUNG BANGKALAN
2014
PEMBAHASAN
TANDA-TANDA ISIM DAN MACAM-MACAMNYA
A. Pengertian Isim
الاسم هو كلمة دلت على معنى في نفسها ولم
تقترن بزمان وضعا
Kalimat
(kata) yang menunjukkan makna sendiri dan tidak bersamaan dengan zaman.
Dengan
kata lain, isim adalah kata benda).[1]
Contoh:
زيد (Zaid (nama orang).
كتاب (kitab
atau buku).
انا
(saya atau aku).
نحن
(kita atau kami).
B. Tanda-tanda Isim
Isim dapat diketahui melalui isnad
ilaih, melalui khafadh (huruf ahirnya di-jar-kan dan tanwin,
juga dengan kemasukan alif-lam dan huruf khafadh (jar).[2]
1.
Huruf
akhirnya sering di-jar-kan,
contoh: بسم
الله الرحمن الرحيم (dengan menyebut nama Allah yang maha
pemurah lagi maha penyayang).
2.
Kemasukan tanwin, contoh: زيد قائم
(zaid
adalah orang yang berdiri).
3.
Kemasukan alif-lam,
contoh: القران (Al-qu'an).
4.
Kemasukan huruf jar, contoh:
a.
Min, seperti lafazh سرت من المصر الى المكة (saya
telah berjalan dari Mesir ke
Mekah).
b.
Ilaa, seperti lafazh الى المكة (ke Mekah).
c.
‘An, seperti lafazh سألت عن محمد (saya telah menanyakan tentang Muhammad).
d.
‘Alaa, seperti lafazh
ركبت على
الفرس (saya telah menunggang kuda).
e.
Fii, seperti lafazh الماءك فى الكوز (air itu berada dalam kendi).
f.
Rubba, seperti lafazh رب رجل صالح فى المسجد
(banyak sekali atau sedikit sekali lelaki shaleh di dalam masjid).
g.
Ba', seperti lafazh كتب
بالقلم (saya telah menulis
dengan pena).
h.
Kaf, seperti lafazh زيد كالبدر (zaid itu bagaikan bulan
purnama).
i.
Lam, seperti lafazh المال لزيد (harta milik zaid).
j.
Huruf qasam
atau sumpah, seperti lafazh والله بالله تالله(demi Allah).
C. Macam-macam Isim
Ditinjau dari jumlahnya, isim
dibagi menjadi 3 (tiga); yaitu:[4]
1.
Isim
Mufrad.
ما ليس مثنى ولامجموعا ولاملحاقا بهما ولا من الأسماء
الخمسة
Isim
yang bukan dua, jamak, tidak serupa antara keduanya dan bukan dari isim yang
lima).
Contoh: القران (Al-qu'an).
2.
Isim
Tatsniyah.
ما دل على اثنين بالف ونون في أخره في حالة الرفع وياء ونون
في حلتي النصب والجر
Lafazh
yang menunjukkan tatsniyah dengan menambah alif dan
nun di ahirnya dalam keadaan rafa’ dan menambah ya’ dan nun di ahirnya dalam
keadaan nasab dan khafadh/jar.
Contoh: مسلمان
(dua orang Islam laki-laki).
3.
Jamak.
Jamak
itu dibagi menjadi 3 (tiga); yaitu:
a.
Jamak
taksir.
ما تغيرعن بناء مفرده
Isim yang berubah dari bentuk
mufratnya.
Contoh:
أقلام (beberapa pena).
b.
Jamak
mudzakkar salim.
اللفظ الدل على الجمعية
بواو ونون فى أخره في حالة الرفع وياء ونون في حلتي النصب والجر
Lafazh yang menunjukkan jamak
dengan menambah wau dan nun di ahirnya dalam keadaan rafa’ dan menambah ya’ dan
nun di ahirnya dalam keadaan nasab dan khafadh/jar.
Contoh: مسلمون
(beberapa orang Islam laki-laki).
c.
Jamak
Muannats salim.
ما جمع بالف وتاء مزدتين
Isim
yang dijamakkan dengan menambah alif dan ta’.
Contoh: مسلمات
(beberapa orang Islam perempuan).
1.
Isim
nakirah.
كل إسم شائع في جنسه لايختص به واحد ذون أخر
Setiap isim yang jenisnya
bersifat umum, tidak ditentukan kepada sesuatu perkara dan tidak juga kepada
lainnya. (Setiap
isim yang layak dimasuki alif dan lam).
Contoh: رجل ,فرس ,كتاب
(kitab, kuda, laki-laki).
2.
Isim
ma’rifat.
ما دل على معين
Lafadz yang menunjukkan benda
tertentu.
Contoh: الرجل ,الفرس ,الكتاب (kitab itu, kuda itu, laki-laki itu).
Isim
ma’rifat dibagi menjadi enam macam; yaitu:
a.
Isim mudhmar, seperti lafazh أنا, أنت (kamu, saya).
b.
Isim ‘alam (nama), seperti lafazh مكة
(mekah).
c.
Isim
isyarah,
seperti lafazh هذا
(ini).
d.
Isim
maushul,
seperti lafazh الذي(yang).
e.
Isim
yang di-ma’rifat-kan dengan adatut ta’rif yaitu alif-lam,
seperti lafazh: الغلام (pelayan).
f.
Isim
yang di-idhafat-kan kepada salah satu di antara kelima isim ma’rifat
tersebut, seperti lafazh كتاب اللغة العربية (kitab bahasa arab).
Ditinjau dari segi perubahannya,
isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:[6]
1.
Isim
mu’rab.
ما تغير أخره بسبب العوامل الداخلة عليه إما لفظا وإما
تقديرا
Isim yang sering mengalami
perubahan pada bagian akhirnya karena perbedaan amil yang memasukinya; adakalanya mengalami perubahan
secara lafazh dan adakalanya mengalami perubahan secara perkiraan (taqdiri).
Contoh: زيد
(zaid).
Contoh: الفتى (pemuda).
2.
Isim
mabni.
ما لايتخير أخره بسبب العوامل الداخلة عليه
Isim yang tidak mengalami
perubahan pada bagian akhirnya sekalipun karena amil yang memasukinya berbeda.
Contoh isim-isim tersebut ialah
sebagai berikut:
a.
Isim
dhamir.
1)
Muttashil, seperti lafazh له, لك, لنا.
2)
Munfashil, seperti lafazh هو, انت, أنا.
b.
Isim
syarath,
seperti lafazh متى, ما, من.
c.
Isim
istifham,
seperti lafazh أين, كيف, كم, هل.
d.
Isim
isayarah,
seperti lafazh هذه, هذا.
e.
Isim
fi’il,
seperti lafazh صه, هيهل.
f.
Isim
maushul,
seperti lafazh التي, الذي.
Adapun
macam-macam isim yang di-mabni-kan
ada 4 (empat); yaitu:
a.
Di-mabni-kan
atas harakat sukun, seperti lafazh
كم.
b.
Di-mabni-kan
atas harakat fathah, seperti lafazh
أين.
c.
Di-mabni-kan
atas harakat kasrah, seperti lafazh
أمس.
d.
Di-mabni-kan
atas harakat dhammah, seperti lafazh
حيث.
Sedangkan
yang asli dalam kitab Mutammimah,
isim mabni itu hendaknya di-mabni-kan
atas harakat sukun.
1.
Isim
musytaq (isim yang diambil dari proses tashrif/bisa
di-tashrif).
Contoh: ناصر (orang yang menolong).
2.
Isim
jamid (isim yang tidak bisa di-tashrif).
Contoh: مكة (mekah).
Ditinjau
dari segi kesehatannya, isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:[8]
1.
Isim
munsharif (menerima tanwin).
Contoh: زيد (zaid).
2.
Isim
ghairu munsharif (tidak menerima
tanwin).
Contoh: أحمد (ahmad).
Ditinjau dari segi jenisnya,
isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1.
Isim
Mudzakkar.
Adapun isim mudzakkar
ada 2 (dua) macam; yaitu:
a.
Mudzakkar haqiqi.
Isim yang berasal
dari kelompok makhluq hidup yang berjenis laki-laki.
Contoh:
أب(bapak).
رجل (seorang laki-laki).
b.
Mudzakkar majazi (kiasan).
Isim yang berasal
dari kelompok benda mati yang dianggap mudzakkar berdasarkan kesepakatan
orang arab.
Contoh: كتاب (kitab).
2. Isim
Muannats.
Adapun isim muannats
ada 4 (empat) macam; yaitu:
a.
Muannats lafzhi.
Isim yang secara lafazh
adalah muannats, namun maknanya terkadang menunjukkan mudzakkar.
Contoh: فطيمة (fatimah).
معاوية (mu’awiyah).
b.
Muannats ma’nawi.
Isim yang secara makna
adalah muannats meskipun secara lafazh bukan muannats.
Contoh: أم (ibu).
حائض (orang haid).
c.
Muannats haqiqi.
Isim yang secara lafazh
dan makna adalah muannats.
Contoh:
مرأة (seorang wanita).
d.
Muannats majazi (kiasan).
Isim
yang dianggap muannats berdasarkan kesepakatan orang arab; yaitu:
1)
Ta’
marbutoh.
Contoh: مدرسة
(madrasah).
2)
Alif
maqshuroh.
Contoh: حلوى (manisan).
3)
Alif
mamdudah.
Contoh: حمراء (merah).
4)
Anggota badan yang
berpasang-pasangan.
Contoh: ياد (tangan).
5)
Isim
yang jumlahnya lebih dari dua.
Contoh:
أقلام (beberapa pena).
6)
Benda langit.
Contoh: شمس (matahari).
7)
Isim
yang tidak bisa dihitung.
Contoh: ماء (air).
1.
Dibaca
rafa’.
Isim-isim yang dibaca rafa’
ada tujuh macam; yaitu:
a.
Fail.
الاسم المرفوع المذكورقبله
فعله
Isim
yang dibaca rafa’yang terletak sesudah fi’il.
Contoh: جاء زيد
(zaid telah datang).
b.
Naibul
fa’il.
الاسم المرفوع الذي لم
يذكرفاعله
Maf’ul
yang tidak disebutkan fa’ilnya.
Contoh: قرأ القرأن
(Al-qu'an itu telah dibaca).
c.
Mubtada’.
الاسم المرفوع العار عن
العوامل اللفظية
Isim
yang dibaca rafa’ yang sepi dari amil lafazh
Contoh: زيد قائم
(zaid adalah orang yang berdiri).
d.
Khabar.
الاسم المرفوع المسند إليه
Contoh: زيد قائم
(zaid adalah orang yang berdiri).
e.
Isim
kaana
dan saudara-saudaranya.
Contoh: كان زيد قائما
(zaid adalah orang yang berdiri).
f.
Khabar
inna
dan saudara-saudaranya.
Contoh: إن زيدا قائم(apabila berdiri zaid).
g.
Isim
yang mengikuti ke-rafa’-an
isim lain.
1)
Na’at.
النعت تابع للمنغوت في رفعه
ونصبه وخفضه وتعريفه وتنكيره
Na’at adalah lafazh yang mengikuti kepada ma’na
lafazh yang diikutinya, baik dalam hal rafa’, nashab, khafadh (jar), ma’rifat
nakirahnya.
Contoh: جاء زيد العاقل
(zaid yang berakal telah datang).
2) ‘Athaf.
التابع المتوسط بينه وبين
متبوعه أحد حروف العطف
Tabi’ (yang mengikuti) yang antara ia dengan
matbu’nya ditengah-tengahi oleh huruf athaf.
Contoh: جاء زيد وعمرو
(telah datang zaid dan amr).
3)
Taukid.
التابع الرافع للاحتمال
Tabi’ (yang mengikuti) yang berfungsi untuk
melenyapkan anggapan lain yang berkaitan dengan lafazh yang ditaukid-kan.
Contoh: جاء زيد نفسه
(zaid telah datang sendiri).
4)
Badal.
التابع المقصود بالحكم بلا
واسطة بينه وبين متبوعه
Tabi’ (yang mengikuti) yang dimaksud dengan hukum
tanpa memakai pelantara ia dengan matbu’nya.
Contoh: جاء زيد غلامه (zai telah datang pelayannya).
2.
Dibaca
nashab.
Isim-isim yang dibaca nasab ada
15 (lima belas) macam; yaitu:
a.
Maf’ul
bihi.
هوالاسم المنصوب الذي يقع
به الفعل
Isim yang dibaca nashab yang menjadi sasaran
perbuatan (objek).
Contoh: ضربت زيدا
(saya telah memukul zaid).
b.
Mashdar.
هوالاسم المنصوب الذي يجيئ
ثالثا في تصريف الفعل
Isim yang di baca nashab yang jatuh pada urutan
ketiga dalam tashrifan fi’il.
ضرب يضرب ضربا
c.
Zharaf
zaman.
هوالاسم الزمان المنصوب
بتقدير في
Isim zaman (waktu)
yang dibaca nashab dengan memperkirakan ma’na fii.
Contoh: يوم
(hari ini).
d.
Zharaf
makaan.
هوالاسم المكان المنصوب
بتقدير في
Isim makaan (tempat) yang dibaca nashab dengan
memperkirakan ma’na fii.
Contoh: أمام
(di depan).
e.
Hal.
هوالاسم المنصوب المفسر لما
إنبهم من الهيئات
Isim yang dibaca nashab yang memberikan keterangan
keadaan yang samar.
Contoh: جاء زيد راكبا
(zaid telah datang dengan berkendaraan).
f.
Tamyiz.
هوالاسم المفسر لما إنبهم
من الذوات
Isim yang dibaca nashab yang berfungsi menjelaskan
dzat yang samar.
Contoh: إشتريت عشرين غلاما (saya telah membeli dua puluh pelayan atau
budak).
g.
Istitsna’.
الاسم الواقع بعد إلا أو
إحدى أخواتها
Isim yang terletak sesudah illaa atau salah satu
saudara-saudaranya.
Contoh: جاء القوم إلا زيدا (kaum itu telah datang kecuali zaid).
h.
Isim
laa.
Contoh: لا رجل في الدار (tidak ada seorang laki-laki pun di dalam
rumah).
i.
Munaada.
Contoh: ياعبد الله
(hai hamba Allah).
j.
Khabar
kaana
dan saudara-saudaranya.
Contoh: كان زيد قائما (zaid adalah orang
yang berdiri).
k.
Isim
inna dan
saudara-saudaranya.
Contoh: إنّ زيدا قائم
(sesungguhnya zaid adalah orang yang berdiri).
l.
Dua
maf’ul dhanna dan saudara-saudaranya
Contoh: ظننت زيدا قائما (saya mengira zaid adalah orang yang berdiri).
m.
Maf’ul
min ajlih.
هوالاسم المنصوب الذي يذكر بيانا لسبب وقوع
الفعل
Isim yang dibaca nashab yang dinyatakan sebagai
penjelasan bagi penyebab terjadinya fi’il.
Contoh: قام زيد إجلالا لعسر
n.
Maf’ul
ma’ah.
هوالاسم المنصوب الذي يذكر
لبيان من فعل معه الفعل
Isim yang dibaca nashab yang dinyatakan untuk
menjelaskan dzat yang menyertai perbuatan pelakunya.
Contoh: جاء الامير والجيش (pemimpin beserta bala
tentaranya telah datang).
o.
Isim
yang mengikuti ke-nasab-an
isim lain.
1)
Na’at.
Contoh: رأيت زيدا العاقل (saya telah melihat
zaid yang berakal).
2)
Taukid.
Contoh: رأيت زيدا نفسه (saya telah melihat
zaid sendiri).
3)
‘Athaf.
Contoh: رأيت زيدا وعمرا (saya telah melihat
zaid dan amr).
4)
Badal.
Contoh: رأيت زيدا غلامه (saya telah melihat
zaid pelayannya).
3.
Dibaca
khafad/jar
Isim-isim yang dibaca khafad/jar
ada 3 (tiga) macam; yaitu:
a.
Isim
yang di-jar-kan oleh huruf jar.
Contoh: مررت بزيد (saya sudah berjalan
bertemu dengan zaid).
b.
Isim
yang di-jar-kan karena idhafat.
Contoh: غلام زيد (pelayan zaid).
c.
Isim
yang mengikuti ke-khafadh-an
isim lain.
1)
Na’at.
Contoh: مررت بزيد العاقل (saya telah berjalan
dengan bertemu zaid yang berakal).
2)
Taukid.
Contoh: مررت بزيد نفسه (saya telah berjalan
dengan bertemu zaid sendiri).
3)
‘Athaf.
Contoh: مررت بزيد وعمرو (saya telah berjalan
dengan bertemu zaid dan amr).
4)
Badal.
Contoh: مررت بزيد غلامه (saya telah berjalan
dengan bertemu zaid pelayannya).
KESIMPULAN
الاسم هو كلمة دلت على معنى في نفسها ولم
تقترن بزمان وضعا
Kalimat (kata) yang menunjukkan
makna sendiri dan tidak bersamaan dengan zaman.
Isim
dapat diketahui dengan tanda-tandanya;
yaitu:
1.
Huruf
akhirnya sering di-jar-kan.
2.
Kemasukan tanwin.
3.
Kemasukan alif-lam.
4.
Kemasukan huruf jar.
Ditinjau dari jumlahnya, isim
dibagi menjadi 3 (tiga); yaitu:
1.
Isim
Mufrad.
2.
Isim
Tatsniyah.
3.
Jamak.
Ditinjau dari segi kejelasannya (umum khusus),
isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1.
Isim
nakirah.
2.
Isim
ma’rifat.
Ditinjau dari segi perubahannya (i’rab), isim dibagi menjadi 2 (dua);
yaitu:
1.
Isim
mu’rab.
2.
Isim
mabni.
Ditinjau
dari segi penyusunannya (tarkib), isim dibagi menjadi 2 (dua);
yaitu:
1.
Isim
musytaq.
2.
Isim
jamid.
Ditinjau
dari segi kesehatannya, isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1.
Isim
munsharif.
2.
Isim
ghairu munsharif.
Ditinjau dari segi jenisnya,
isim dibagi menjadi 2 (dua); yaitu:
1.
Isim
Mudzakkar.
2.
Isim
Muannats.
Ditinjau dari segi perubahan
ahir kalimatnya, isim dibagi menjadi 3 (tiga); yaitu:
1.
Dibaca
rafa’.
2.
Dibaca
nasab.
3.
Dibaca
khafad/jar.
DAFTAR
PUSTAKA
Anwar, Moch. 1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah
dan Imrithy. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Muhammad Araa’ini, Syamsuddin. 2002, Ilmu Nahwu; Terjemahan Mutammimah Al-Ajurumiyyah.
Bandung: Sinar Baru Algensido.
[1] KH. Moch. Anwar,
1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah
dan Imrithy. Bandung: Sinar Baru Algensido.
Hal. 4.
[2] Syekh Syamsuddin Muhammad Araa’ini, 2002, Ilmu
Nahwu; Terjemahan Mutammimah Al-Ajurumiyyah.
Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 5.
[3] KH. Moch. Anwar, 1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan
Al-Ajurumiyyah dan Imrithy. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 6.
[4] KH. Moch. Anwar,
1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah
dan Imrithy. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 18-24.
[5] Syekh Syamsuddin Muhammad Araa’ini, 2002, Ilmu
Nahwu; Terjemahan Mutammimah
Al-Ajurumiyyah. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 76-77.
[6] Ibnu Aqil (Alfiyah).
Hal.5.
[7] Maqshud.
[8] Alfiyah bait 43.
[9] KH. Moch.
Anwar, 1995, Ilmu Nahwu; Terjemahan Matan Al-Ajurumiyyah
dan Imrithy. Bandung: Sinar Baru Algensido. Hal. 69-158.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar